7 Film Tom Hanks Terbaik dengan Biaya Terbesar

tom hanks

Tom Hanks aktor kenamaan di jagat perfilman Holywood sejak 1980-an. Ia sudah membintangi puluhan film, banyak di antaranya film berbudget besar dan digarap sutradara sekaliber Steven Spielberg dan Ron Howard.

Selain laris secara komersil, film- film Tom Hanks hampir selalu mendapat sambutan hangat kalangan kritikus film dan berjaya di berbagai ajang penghargaan film dunia. Hanks dua kali menyabet Oscar sebagai best actors secara berturut-turut atas perannya di film Philadelphia (1994) dan Forrest Gump (1995).

Tom Hanks lahir dengan nama Thomas Jeffrey Hanks pada 9 Juli 1956 di Concord, California, Amerika Serikat. Karirnya di dunia seni peran dimulai saat ia tampil bersama Great Lakes Shakespeare Festival pada 1977. Namanya mulai diperhitungkan sejak Hanks membintangi film Splash arahan Ron Howard pada 1984.

Namanya makin harum dan moncer membintangi film-film terkenal, seperti ‘Saving Private Ryan’, ‘Apollo 13’, ‘Forrest Gump’, dan ‘Cast Away’, dan yang paling anyar film biografi biduan kenamaan ‘Elvis’ (2022) yang mengantarnya menjadi salah satu aktor paling dihormati Hollywood.

Aktor berzodiak Cancer ini bermain dalam berbagai genre film, mulai dari animasi, drama, action, hingga dokumenter. Semuanya diperaninya dengan cemerlang, terutama film-film berlatar sejarah seperti ‘Bridge of Spies’, ‘Catch Me If You Can’, dan ‘A Beautiful Day in the Neighborhood’.

Semua film-film Hanks selalu manarik dinikmati. Berikut ini kami rekomendasikan 7 di antaranya.

1. The Da Vinci Code
Ini film yang diangkat dari novel laris karya Dan Brown. Tom Hanks berpersan sebagai Profesor Robert Langdon sang ahli simbol. Dia terlibat petualangan yang mendebarkan demi memecahkan misteri simbol Jacques Sauniere, seorang kurator museum yang terbunuh.

Dalam petualangan mendebarkam memecahkan simbol, Longdan bekerja sama dengan Sophie Neveu (Audrey Tautou), seorang ahli bahasa kuno. Penyelidikan mengarah pada temuan-temuan tak terduga. Ternyata ada hubungan antara simbol-simbol tersebut dengan lukisan terkenal Monalisa karya Da Vinci.

Durasi The Da Vinci Code lumayan panjang yaitu 149, namun keseruan cerita dan akting yang memikat durasi yang panjang terasa masih kurang. Film yang ditulis Akiva Goldsman ini rilis pada 19 Mei 2006. Film ini menghabiskan budget produksi 125 million USD. TDVC jadi Tom hanks film termahal.

2. Saving Private Ryan
Tom Hanks kembali diarahkan sutradara Steven Spielberg dalam film yang menceritakan kisah sekelompok tentara yang dipimpin oleh Kapten Miller (Tom Hanks), dengan latar belakang Perang Dunia II.

Saving Private Ryan yang dirilis 1998 menjadi film perang yang paling terkenal dan jadi Film tom hanks terbaik. Ceritanya bergulir ketika pejabat Angkatan Darat menemukan tiga dari keluarga empat bersaudara yang terbunuh. Mereka memerintahkan Miller dan timnya untuk menemukan saudara terakhir sehingga dia dapat dikirim pulang.

Dengan budget 70 million USD, film ini sukses besar secara komersial dan sambutan positif para kritikus. Sukses mengumpulkan lebih dari $480 juta di seluruh dunia serta mendapatkan 11 nominasi Academy Award.

Saving Private Ryan dianggap para kritikus sebagai film perang yang digambarkan sangat realistis tanpa terlalu banyak dentuman bom. Berkat popularitas film ini, para pendukung film ini 20 tahun kemudian tumbuh menjadi aktor-aktor besar yang meramaikan perfilman Hollywood.

3. The Terminal
Adalah film bergenre drama komedi Amerika tahun 2004 yang diproduksi dan disutradarai oleh Steven Spielberg. Di film ini Tom Hanks bermain bersama Catherine Zeta-Jones, dan Stanley Tucci.

Bercerita tentang seorang pria Eropa Timur yang terjebak di terminal Bandara John F. Kennedy New York setelah dia ditolak masuk ke Amerika Serikat dan pada saat yang sama tidak dapat kembali ke negara asalnya karena kudeta militer.

Menurut beberapa pengata film ini sebagian terinspirasi oleh kisah nyata selama 18 tahun Mehran Karimi Nasseri tinggal di Terminal 1 Bandara Paris-Charles de Gaulle, Prancis, dari 1988 hingga 2006. Pada 1988 Mehran Karimi Nasseri terbang dari Brussel ke London melalui Paris.

Tetapi dia dikirim kembali ke Paris karena kehilangan paspor pengungsinya. Mehran Karimi Nasseri tinggal di daerah transit Terminal 1 di Paris-Charles de Gaulle hingga 2006, setelah Prancis menolaknya masuk.

Film ini dirilis di Amerika Utara pada 18 Juni 2004 dengan ulasan positif dan sukses komersial, menghasilkan $219 juta di seluruh dunia dari budget produksi 60 million USD.

4. Forrest Gump
Ini film Tom Hanks yang sangat fenomenal dan merupakan salah satu film terbaiknya. Dia berperan sebagai Forrest Gump, pria ber-IQ rendah yang sering diejek teman-temannya.

Gump memiliki ibu yang hebat yang membesarkan dirinya dengan penuh cinta dan perjuangan. Saat dewasa
Gump berhasil masuk di akademi militer dan menjadi seorang tentara. Kisah makin pelik saat ia terlibat kisah cinta yang rumit dengan seorang perempuan bernama Jenny.

Tontonan yang dikembangkan dari novel dengan judul sama ini sukses menarik perhatian khalayak, selain karena akting Hanks yang memukau dan membuahkan beberapa penghargaan. Juga menyajikan cerita menarik tentang sejarah budaya pop, politik, hingga ledakan ekonomi Amerika Serikat. Biaya produksi film ini mencapai 55 million USD.

5. News of The World
Film bergenre drama dengan latar abad 19 ini bercerita tentang seorang veteran Perang Saudara Amerika bernama Kapten Jefferson yang melakukan perjalanan ke beberapa kota untuk mendongeng.

Pada satu hari ia berjumpa seorang anak perempuan sebatang kara bernama Johanna. Dari sanalah film bergulir mengantarkan petualangan Kapten Jefferson dalam mencari keluarga Johanna. Adegan haru dan lucu bertebaran sepanjang film berdurasi 119 menit karya sutradara Paul Greengrass. Film yang rilis 2020 ini menghabiskan budget 38 million USD.

6. Saving Mr. Banks
Ini adalah film biografi Walt Disney, sang raksasa animasi Amerika Serikat yang sangat terkenal. Betul, dalam film ini Tom Hanks memerankan Walt Disney yang berusaha membeli hak cipta untuk memfilmkan novel Mary Poppins karya Pamela.

Ia ngotot untuk memfilmkan novel ini namun Pamela selalu menolak karena takut Disney akan mengubah karakter dalam novel. Disney terus membujuk karena ia sudah berjanji pada putrinya akan memproduksi film adaptasi tersebut.

Akhirnya Pamela mau bekerja sama dengan tim kreatif Walt Disney mengembangkan cerita Mary Poppins. Dalam proses tersebut Pamela secara perlahan-lahan mengungkapkan kisah masa lalu yang tidak menyimpan trauma.

Kalau kamu penasaran dapat menyaksikan film ini saksikan di Disney+ Hotstar. Film bergenre drama sejarah garapan John Lee Hancock ini tayang pada Film Festival London 2013 dan mendapat respons yang baik dari para kritikus film. Budget film ini adalah 35 million USD.

7. Bridge of Spies
Ini film untuk kamu yang menyukai tontonan berlatar sejarah dan hukum. ‘Bridge of Spies’ secara berkisah tentang lawyer bernama James B. Donovan. Sebagai perwakilan dari Amerika Serikat, ia merundingkan tukar tahanan dengan Uni Soviet.

Tom Hanks lagi-lagi diarahkan Steven Spielberg di film berdurasi 144 menit ini. Berlatar akhir 1950-an, film ini diputar perdana di Festival Film New York 4 Oktober 2015. Menghabiskan budget 40 million USD.

Itulah 7 film tom Hanks terbaik dengan budget besar. Anda bisa menikmati film-film ini di layanan video streaming.

Jangan lupa kalau kamu ingin menikmati foto atau melihat video melalui jaringan internet, supaya lebih aman sebaiknya gunakan Virtual Private Network atau (VPN) Mantap.